Monday, May 30, 2011

Al-Mu’tadhid Billah I, Khalifah Baik Budi

Namanya Al-Mu’tadhid Billah, Abu Al-Fath, Abu Bakar bin Al-Mustakfi Billah. Dia dilantik sebagai khalifah Bani Abbasiyah Mesir ke-6 (1354-1364 M) setelah saudaranya meninggal pada 753 H, berdasarkan wasiat saudaranya.

Dia dikenal sebagai khalifah yang baik budi, rendah hati dan sangat mencintai orang-orang berilmu. Dia meninggal pada 763 H.

Pada 755 H, Sultan Al-Malik Ash-Shalih dicopot dan Hasan An-Nashir dikembalikan pada posisinya semula. Setahun setelah itu, Khalifah memberikan perintah pembuatan uang baru yang sama dengan dinar dalam bentuk dan beratnya. Uang baru ini setiap dua puluh keping harganya sama dengan satu dirham.

Pada 766 H, Hasan An-Nashir terbunuh dan sebagai penggantinya naiklah keponakannya yang bernama Muhammad bin Al-Muzhaffar yang diberi gelar Al-Manshur.

Ada beberapa tokoh yang meninggal pada masa pemerintahan Al-Mu’tadhid Billah I, diantaranya Syekh Taqiyuddin As-Subki, As-Samin penulis kitab Al-I’raab, Al-Qawam Al-Itqani, Al-Baha’ bin Aqil, Ash-Shalah Al-Alai, Al-Jamal bin Hisyam, Al-Hafizh Mughlathai, Abu Umamah bin An-Niqasy, dan lainnya.

Sumber : republika

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More